Pages

Sabtu, 27 September 2014

JEJARING SOSIAL!! Menguntungkan Atau Merugikan?


Pada era globalisasi, terjadi beberapa perubahan teknologi secara signifikan, diantarannya adalah internet. Dewasa ini internet merupakan hal yang sudah tak lazim lagi digunakan. Internet sekarang sudah dapat diakses dengan mudah oleh penggunanya karena fasilitas internet dapat dengan mudah kita dapatkan, misalkan telepon seluler, banyak sekali telepon seluler yang sudah dilengkapi dengan fasilitas untuk mengakses internet. Sehingga, hampir setiap orang dari segala golongan sudah tahu dan akrab dengan internet.

Dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, internet sekarang tidak hanya digunakan untuk membantu mencari informasi yang dapat mempermudah pekerjaan, tetapi internet sering digunakan sebagai cara alternatif seseorang untuk bergaul sebagai makhluk sosial melalui jejaring sosial. Beberapa orang sering menggunakan jejaring sosial ini untuk aktifitas sehari – harinya tanpa mengenal waktu dan tempat, maka itulah terjadi beberapa dampak positif dan negatif penggunaan jejaring sosial.

Dampak Positif dan Negarif Jejaring Sosial bagi Pelajar
Dampak positifnya para pelajar mudah untuk mencari teman melalui jejaring sosial, bahkan kita dapat berkenalan dengan orang di belahan dunia manapun, karena itu kita dapat dengan mudah menjalin komunikasi dengan mereka dan dapat lebih update tentang apa yang sedang hits di mereka. Para pelajar dapat memperoleh banyak informasi melalui jejaring sosial, selain itu para pelajar dapat mempererat pertemanan, lebih perhatian dan berempati terhadap sesama pelajar, serta mereka akan termotivasi untuk belajar mengembangkan diri melalui teman-teman yang mereka jumpai di jejaring sosial tersebut, para pelajarpun dapat dengan mudah membiasakan diri untuk mengeluarkan pendapat tanpa takut.

Dampak negatifnya adalah para pelajar biasanya lupa waktu jika sudah membuka jejaring sosial, merekapun terkadang tidak mengenal tempat dan waktu bahkan saat belajar di kelas pun membuka jejaring sosial. Para pelajar dapat kecanduan untuk membuka jejaring sosial tersebut secara terus menerus, dan jika sudah kecanduan dapat menimbulkan ketidak keseriusan dalam belajar. Para pelajar malas berkomunikasi di dunia nyata, jejaring sosial mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung, mereka lebih mementingkan diri sendiri. Tingkat pemahaman bahasa para pelajarpun menjadi terganggu karena tidak ada aturan ejaan serta tata bahasa di jejaring sosial. Selain itu jejaring sosial dapat meningkatkan resiko terjadinya kejahatan kepada para pelajar, terutama jika berkenalan dengan orang asing.

Ternyata jejaring sosial menguntungkan jika kita memanfaatkan dengan dengan benar,tapi akan merugikan bagi kita,jika kita tidak memanfaatkannya dengan benar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About