Pages

Kamis, 27 November 2014

Cara Mengatur Mood

alam keseharian Anda, pasti adakalanya mengalami bad mood atau bete. Penyebab bad mood ini bisa macam-macam. Terkadang, bila saat bangun pagi sudah bad mood, bisa-bisa dalam sehari penuh, Anda akan terus terperangkap dalam keadaan tersebut. Jangan biarkan diri larut dalam perasaan seperti itu. Selain tidak enak di hati dan bisa memengaruhi pekerjaan, kondisi ini salah-salah bisa makan "korban" orang-orang terdekat Anda. Nah, bila Anda mulai merasa bad mood, segera perbaiki dengan cara berikut ini, agar bisa berubah menjadi good mood :

1. Bernyanyilah sampai paru-paru Anda lega. Para periset di Universita Columbia menemukan bahwa mereka yang sering bernyanyi terutama menyanyikan lagu-lagu favorit, 81% tidak akan jatuh dalam keadaan bad mood. Bernyanyi akan memroduksi getaran dalam otak yang akan membuat hormon endorphin terproduksi. Hormon ini akan membuat perasaan menjadi tenang selama lebih dari satu jam.
2. Membaui "Masa Lampau". Ini maksudnya, cobalah membeli kembali parfum, kue-kue atau apa saja yang berbau khas saat Anda remaja. Bau parfum dan kenangan manis ini akan mengenyahkan bad mood dan memberikan perasaan senang. Masih ingat dengan bau kue pancong di depan sekolah kita saat itu cinta pertama menunggu di depan pagar sekolah?
3. Melihat video-video di YouTube. Lihatlah video klip musik kesukaan, atau mungkin kota-kota di dunia yang berpemandangan indah, atau mungkin cara membuat kue dan masakan. Berterimakasihlah pada YouTube yang membawa dunia ke komputer Anda. Menonton hal-hal yang mengasyikkan, akan membuat perasaan menjadi good.
4. Memelihara atau bermain dengan anak anjing atau kucing. Bila tak punya, bisa dengan melihat-lihat di toko hewan. Semua anak binatang, akan membuat perasaan senang. Sebab, mereka bak boneka hidup yang bisa Anda mainkan dengan ramah.
5. Memberikan pujian kepada orang lain. Ini cara yang unik untuk membuat perasaan menjadi good mood. Tetapi inilah kekuatan "memberi". Beri pujian kepada teman Anda misalnya "Hei, rambut kamu hari ini bagus sekali tatanannya" atau mungkin "Wah, kamu kelihatan segar sekali, bagaimana caranya?" Riset menunjukkan, memberikan pujian ternyata menaikkan mood menjadi bagus dan kadar hormon dopamine, endorpins dan oxytocin yang membuat hati senang, juga meningkat.
6. Makan menu pedas. Makanan pedas mengandung capsaicin yang merupakan pemberi panas. Panas dari makanan pedas ini akan membuat otak memerintahkan tubuh untuk memroduksi hormon endorphin.
7. Membeli tanaman. Studi menunjukkan, mereka yang sering bercocok tanam, akan jauh dari bad mood dan stres. Riset menyatakan, 80% gardeners merasa puas dengan hidup mereka. Tetapi Anda tidak perlu beralih profesi menjadi tukang kebun atau petani. Cukup menaruh pot tanaman kecil di rumah atau kantor, maka Anda akan termotivasi untuk produktif.
8. Sembunyi di bawah selimut.  Bila mengalami bad mood, terkadang kita memang ingin bersembunyi. Ya sudah, ikuti saja keinginan ini, karena otak dan tubuh memang memiliki ikatan. Para periset pun menemukan, bersembunyi di bawah selimut atau menutupi diri dengan selimut, akan memberikan perubahan pada mood. Ini dikarenakan sensasi sentuhan selimut di seluruh tubuh. Ayo selimutan!
9. Mandi air hangat. Menaikkan suhu tubuh dengan mandi air hangat, akan berdampak pada otot-otot dan memberikan relaksasi. Anda juga bisa menaikkan suhu tubuh dengan cara berolahraga dan akan mendapatkan manfaat yang sama karena otot-otot juga akan rileks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About