Pages

Selasa, 24 Maret 2015

Ciri-ciri Bioma Stepa

Ciri-ciri Bioma Stepa

Ciri-ciri dari bioma Stepa antara lain adalah curah hujan yang tidak teratur, antara 250-500 mm/tahun. Tanah di stepa pada umumnya tidak mampu menyimpan air yang disebabkan oleh rendahnya tingkat porositas tanah dan sistem penyaluran yang kurang baik sehingga menyebabkan rumput-rumput tumbuh dengan subur, bahkan beberapa jenis rumput tingginya mencapai tiga setengah meter.
Stepa memiliki pepohon yang khas yaitu Akasia yang wilayah persebaran bioma stepa meliputi Afrika, Amerika Selatan, Amerika Serikat bagian barat, Argentina dan Australia.
Flora yang berhasil hidup di bioma stepa adalah pohon akasia dan semak belukar. Sedangkan untuk faunanya meliputi herbivora dan karnivora, yaitu rusa, antelop, harimau, kanguru, harimau, singa dan ular. Ketika melihat Discovery Channel atau tayangan fauna seringkali diperlihatkan bagaimana keadaan stepa yang sesugguhnya. Di beberapa negara, biasanya stepa dijadikan sebagai tempat konservasi bagi binatang-binatang yang terbilang langka.
Di Indonesia, daerah yang paling banyak memilki stepa adalah Nusa Tenggara Timur. Masyarakat disana biasa menggunakan wilayah stepa atau padang rumput ini untuk area peternakan. Mulai dari beternak kambing, sapi, kerbau, hingga kuda. Wilayah stepa dinilai sangat mudah untuk dirawat sekaligus menyediakan banyak sumber makanan bagi ternak-ternak mereka.

Sumber : http://www.satwa.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About